Pengikut

Tips MENGHIDUPKAN KEMBALI CATRIDE HP

Posted by Printer Jadul On 3 comments



Buat teman2 yang punya printer HP pake cartridge seri 22 ato 21 dan telah mengering karena jarang dipake, ane punya tips bwt “menghidupkan” kembali cartridge supaya bisa dipake seperti sedia kala.

Ini khusus buat yang pake HP DESKJET D2466 / D2400 dan sejenisnya.
Menghadapi masalah cartridge yang kering karena sudah lama tidak terpakai banyak sekali caranya, berikut adalah tips ringan yang bisa agan2 kerjakan sendiri di rumah :Untuk cartridge 22 (tricolour):



1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti pisau, sarung tangan karet, masker (Bila diperlukan), rokok dan kopi.
2. Lepaskan cartridge dari printer.
3. Kuras isi cartridge menggunakan suntikan.
4. Gunakan pisau untuk membuka penutup cartridge bagian atasnya. Congkel pelan2 dari pinggir memutar sampai tutup cartridge terlepas (jangan sampai pinggirnya retak!!!)

CATRIDE SEBELUM DIBUKA


CATRIDE SETELAH TERBUKA


5. Jika sudah terlepas ambil ketiga gabus yang ada di dalam cartridge lalu cuci menggunakan air hangat sampai putih bersih.
6. Ambil air panas secukupnya disarankan menggunakan mangkuk plastic yang agak lebar biar leluasa.
7. Ambil air panas tersebut menggunakan suntikan sampai penuh lalu semprotkan pada bagian dalam cartridge sekuat-kuatnya. Diamkan beberapa detik (ulangi kira-kira 5 – 7 kali).
8. Keringkan
9. Setelah kering masukan kembali ketiga gabus yang sudah dicuci bersih dan isi tinta kemasing-masing tempatnya menggunakan suntikan jangan terlalu penuh (lihat gambar diatas kalo posisi warnanya lupa), tempelkan kertas tisu dibagian headnya , lihat apakah ketiga warna sudah ada di kertas tisu? Jika masih ada tinta yang tidak muncul coba ulangi lagi langkah 7.
10. Jika semua tinta sudah terlihat di kertas tisu berarti sudah lancar, sekarang tinggal memasukkan ketiga gabus yang sudah dicuci bersih ketempatnya masing-masing dan isi tinta jangan terlalu penuh.
11. Tutup kembali cartridge sampai rapat, gunakan GLUE GUN kalo ada yang agak sedikit retak.
12. Pasang cartridge ke printer dan nyalakan
13. Sekarang coba dengan menggunakan WORD atau POWER POINT ketik dengan tulisan berwarna misalnya MERAH, KUNING, HIJAU, MAGENTA dsb. Dan lihat hasilnya….

Tips diatas udah ane praktekin sndiri di rumah dan berhasil, bisa juga untuk cartridge 21 dan sejenisnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

3 comments:

Helmy mengatakan...

Postingannya keren....patut dicoba...
thanks...bro...

Anonim mengatakan...

terima kasih infonya, saving money neeh
terutama di kantoran kecil kaya' tempat aye kerja ini.. wuiiiih.. aye ampei dipuji sekretaris boss.. lumayan bisa pdkt ama sang sekre neeh
tengkyu berat broo

cimotz mengatakan...

mantap bang.... tanks ya

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Banner Sahabat


Printer Jadul